Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Febbe Trivany Sina, Hani Rohayani

Abstract


The goal of this research was to determine the role of the principle in increasing the quality of teaching in the Shekinah Kids Jambi PAUD Unit. This study focuses on teachers who do not have academic qualifications in PAUD or Psychology and face a variety of challenges during the teaching process. This qualitative method involved doing observations as well as in-depth interviews with teachers and principals. In addition, a literature review was undertaken to support the findings. The findings of this study demonstrate that administrators play a crucial role as supervisors and managers in mentoring teachers through frequent training and supervision. The primary challenges encountered by educators are the insufficient comprehension of students' attributes and the employment of tedious instructional techniques. The principle offers assistance via internal and external training, as well as the provision of supportive resources such as educational media. The limited resources and infrastructure impede the learning process.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran dari kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar para guru di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Shekinah Kids Jambi. Adapun fokus penelitian ini adalah guru-guru yang tidak mempunyai kualifikasi akademik pada bidang PAUD atau Psikologi, yang mengalami berbagai kesulitan dalam proses pengajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi juga wawancara mendalam dengan guru-guru serta kepala sekolah. Selain itu, studi literatur juga dilakukan untuk mendukung analisis. Adapun hasil dari penelitian ini tampak bahwa kepala sekolah memainkan peran penting sebagai supervisor dan manajer dalam membimbing para guru melalui pelatihan dan supervisi berkala. Kendala utama yang dihadapi guru adalah kurangnya pemahaman terkait karakteristik para peserta didik dan penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Kepala sekolah memberikan dukungan melalui pelatihan internal dan eksternal, serta penyediaan fasilitas penunjang seperti media pembelajaran. Namun, keterbatasan sarana dan prasarana menghambat proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Astuti, Astuti. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5, no. 1 (2017).

Basri, Hasan, and Nurhalima Tambunan. “Faktor Pendukung Dan Penghambat Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Kualitas Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Madrasah Aliyah Sunggal.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 2575–87.

Bendriyanti, Rita Prima, Citra Dewi, and Hengki Apriadi. “Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Di SMP IT Khairunnas Kota Bengkulu Rita” 4, no. 3 (2022).

Chasiah. Guru Baik Dan Profesional. Edited by Muhamad Suhardi. Lombok Tengah: Pusat pengembangan pendidikan dan penelitian Indonesia, 2023.

English, Abstract. “Kesulitan Guru Dalam Mengajar Peserta Didik Yang Tidak Berlatar Belakang PAUD / TK Di Kelas I SD Negeri 46 Banda Aceh PGSD FKIP Universitas Syiah Kuala Pendahuluan Pendidikan Merupakan Suatu Kegiatan Yang Dilakukan Oleh Manusia Dan Telah Ada Sepanjang Per” 9, no. 1 (2024): 81–94.

Firdaus, Thoriqul. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Menjadi Garda Terdepan,” no. June (2022).

Hartutik, Sri. “Peningkatan Kualitas Mengajar Guru Melalui Pembinaan Model Up Grading Learning” 3, no. 2 (2023): 228–38.

Hudianto, Swandriyani, Kalis Stevanus, and Tan Lie-Lie. “MENGAJAR SECARA PROFESIONAL DISERTAI OTORITAS ILAHI DENGAN BERCERMIN PADA YESUS DAN IMPLEMENTASINYA BAGI GURU PAK MASA KINI.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4, no. 2 (2023): 275–94.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. “Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014.” Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014, 1–76.

Kuncoro, Sigit. “Supervisi Kepala Sekolah Dalam Rangka Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di SMAIT Al Huda Wonogiri.” IAIN Ponorogo, 2021.

Macarau, Vivilia Vivone Vriska, and Kalis Stevanus. “Peran Orangtua Dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 3, no. 2 (2022): 153–67.

Mazaya, Nila Nazilatul. “Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika Perancangan UI / UX Aplikasi ‘ Dengerin ’ Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika” 12, no. 2 (2023): 39–49.

Mistrianingsih, Siti, Ali Imron, and Ahmad Nurabadi. “Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan 24, no. 5 (2015): 11–21.

Muanifah, Athiyyah. “Mendirikan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Yang Berkualitas” 2, no. 5 (2024): 385–90.

Muhammad Hasbi. Panduan Penyelenggaraan Paud Berkualitas Proses Pembelajaran Berkulitas. Edited by Anggraeni Dian Permatasari. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.

Mulyasa. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara, n.d.

Nugroho, Arya Setya. “Peningkatan Kualitas Guru , Sebanding Dengan Peningkatan Pendidikan ?” 6, no. 5 (2022): 7758–67.

Nurhamidah, Ilin. “Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS 3, no. 1 (2018): 27–38.

Nurlatifah, Siti. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 KEDIRI.” Prophetik : Jurnal Kajian Keislaman | 15 2, no. 1 (2024): 15–31.

Nursarofah, Nisna. “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Merdeka Belajar.” Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1 (2022): 38–51.

Pendidikan, Kementerian, and Dan Kebudayaan. “Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014,” 2015.

Rahminawati, Nan. Manajemen Pendidikan. Edited by Andi Gusti Tantu. Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa, 2023. https://doi.org/10.29313/up.130.

Rosalina, Anggita Sari, and Kalis Stevanus. “Upaya Peningkatan Mutu Guru PAUD Melalui Program Pelatihan Kompetensi Di IPH Schools Surabaya.” Jurnal Ilmu Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2024): 41–54.

Sari, Degista. “Perbedaan Kompetensi Guru Paud Yang Berpendidikan S1 Paud Dengan S1 Non Paud Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kotamadya Jakarta.” Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2018): 1689–99.

Shofa, Ghaitsa Zahira, Sinta Nurlaila, Cucu Atikah, Fakultas Keguruan, Dan Ilmu, Pendidikan Univertitas, Sultan Ageng, Kualifikasi Guru, Masalah Pendidikan, and Educational Problems. “Inovasi Dan Permasalahan Pendidikan ( Kualifikasi Guru Belum Optimal )” 5 (2023): 120–26.

Sholeh, Muhamad. “Keefektifan Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 1, no. 1 (2016): 41–54.

Stevanus, Kalis, and Dwiati Yulianingsih. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Usia Dini.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 15–30.

Sugiyanti, Sugiyanti, and Sabar Narimo. “Pengelolaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan.” Manajemen Pendidikan 11, no. 1 (2016): 75. https://doi.org/10.23917/jmp.v11i1.1829.

Suryani, Lilis. “Analisis Permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Masyarakat Indonesia.” Jiv 2, no. 1 (2007): 42–48. https://doi.org/10.21009/jiv.0201.6.

Susilo, David Priyo, Kalis Stevanus, and Tantri Yulia. “Kinerja Pendidik Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Teologi Berita Hidup 5, no. 2 (2023): 407–24.

Sutansyah, Lexy. “Pengaruh Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Mengajar Guru Di Sekolah Dasar Negeri Neglasari Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya” 1, no. 1 (2023): 1–7.

Taib, Bahran, Dewi Mufidatul Ummah, Umikalsum Arfa, and Faujia Dati. “Peran Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Fungsi Sosialisasi Dalam Keluarga Di Kelurahan Tadenas Kecamatan Moti,” n.d.

Wulandari, Hayani, and Ratu Dinda Rahmah. “Kompetensi Profesionalisme Guru PAUD Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sebagai Pengaruh Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru PAUD.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9, no. 12 (2023): 552–61.




DOI: https://doi.org/10.52104/harvester.v9i2.241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

HARVESTER telah terindeks pada situs: