Pembelajaran dengan Sistem Konstruktivistik sebagai Usaha Mewujudkan Aktualisasi Diri yang Memiliki Gambar dan Rupa Allah
Abstract
Humans are created in the image and likeness of God. This divine image is an essential potential in human beings, which is immediately damaged and lost because of sin. But by the redemptive work of Christ, the man who believed in Him regained his self-image recovery. This article aims to show one of the learning patterns with constructive systems in Christian Religious Education in an effort to realize self-actualization that has the image and likeness of God. By using descriptive methods, the conclusion of this literature study shows that learning with this system is able to help students to realize their actualization that has the image and likeness of God.
Abstrak: Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah. Citra ilahi ini merupakan potensi hakiki dalam diri manusia, yang dalam seketika rusak dan hilang oleh karena dosa. Namun oleh karya penebusan Kristus, manusia yang percaya kepada-Nya beroleh kembali pemulihan gambar diri itu. Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan salah satu pola belajar dengan sistem konstruk-tivistik dalam Pendidikan Agama Kristen dalam upaya mewujudkan aktualisasi diri yang memiliki gambar dan rupa Allah tersebut. Dengan menggunakan metode deskriptif, simpulan kajian literatur ini memperlihatkan bahwa pembelajaran dengan sistem ini mampu menolong siswa untuk mewujudkan aktualisasi dirinya yang memiliki gambar dan rupa Allah.
Full Text:
PDFReferences
Winfred F. Hill. Theories Learning. Bandung: Nusa Media, 2009.
J. Drost. Proses Pembelajaran sebagai Proses Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 1999.
Mansour Fakih dkk. Pendidikan Popular Membangun Kesadaran Kristis.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Dewi Salma Prawiradilaga dan Eveline Siregar. Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana & UNJ, 2004.
Sutarjo Adisusila. (Dick Hartono, Ed). Memanusiakan Manusia Muda Tinjauan Pendidikan Humaniora. Yogyakarta: Kanisius & Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985.
M. Sastrapratedja (Dick Hartono.Ed). ----------------------------------------------
Tatang M Amirin. Pokok-pokok Teori Sistem. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2003.
Firdaus M. Yunus. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2004.
Andrias Harefa. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Kompas, 2000.
Duane Schultz. Psikologi Pertumbuhan Model-model Kepribadian Sehat Yogyakarta: Kanisius, 1991.
Niko Syukur. Dister. Filsafat Kebebasan. Yogyakarta: Kanisius, 1988.
DOI: https://doi.org/10.52104/harvester.v4i1.2
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HARVESTER telah terindeks pada situs:
|