Pendekatan Pendidikan Agama Kristen Anak: Parenting Anak dalam Keluarga Kristen di Era Teknologi Digital

Dian Trikusmawati Halawa, Kalis Stevanus, Tomi Yulianto

Abstract


The development of digital technology has changed the landscape of human life, including in the context of the Christian family. In the era of rapidly developing digital technology, the challenges for Christian families in educating their children are increasingly complex. Through a literature approach, this research investigates the impact of digital technology on the formation of children's character and interpersonal relationships within the family. Through this research, it is hoped that Christian families will have understanding and knowledge in responding to parenting children in the digital era with the demands of changing digital technology. It can be concluded how important it is to approach children's Christian religious education in the family from an early age where parents act as figures/role models for children, dare to discipline children, parents build open communication and are full of warmth and parents provide intensive assistance to ensure that children stay connected to the spiritual and moral values taught in the Bible.

 

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah mengubah lanskap kehidupan manusia, termasuk dalam konteks keluarga Kristen. Pada era teknologi digital berkembang sangat pesat, tantangan bagi keluarga Kristen dalam mendidik anak-anak mereka semakin kompleks. Melalui pendekatan kepustakaan, penelitian ini menyelidiki dampak teknologi digital terhadap pembentukan karakter anak, dan hubungan interpersonal dalam keluarga. Melalui penelitian ini diharapkan keluarga Kristen mempunyai pemahaman dan pengetahuan dalam menyikapi parenting anak di era digital dengan tuntutan perubahan teknologi digital. Dapat disimpulkan betapa pentingnya pendekatan Pendidikan Agama Kristen Anak di dalam keluarga sejak dini, dimana orang tua berperan sebagai figur atau teladan bagi anak, berani mendisiplin anak, serta membangun komunikasi terbuka dan penuh kehangatan dan intensif, dan orang tua melakukan pendampingan untuk memastikan bahwa anak-anak tetap terhubung dengan nilai-nilai spiritual dan moral yang diajarkan dalam Alkitab.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Noor Aulia, Aulianisa Ramadhana Yarma, and Siti Humairah Najwa. “Kesiapan Ilmu Parenting Yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Keagamaan Dengan Kecerdasan Emosional Anak.” Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 1, no. 4 (2023): 1044–52.

Astawa, Dewa Nyoman Wija. “Efektivitas Parenting Di Masa Pandemi Covid-19.” Widya Accarya 12, no. 1 (2021): 31–39.

Astuti Yeniretnowati, Tri, and Sekolah Tinggi Teologi Bethel The Way. “Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 34 HaratiJPK.” Copyright© 1, no. 1 (2021): 34–53.

Febrina, Grace, Kalis Stevanus, Tantri Yulia, and Eni Rombe. “Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Kualitas Karakter Anak Sekolah Minggu.” Jurnal Teologi Berita Hidup 6, no. 1 (2023): 91–104.

Gaol, Stefanus M. Marbun Lumban, and Kalis Stevanus. “Pendidikan Seks Pada Remaja.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika 2, no. 2 (2019): 325–43.

M. Yemmardotillah, Rini Indriani,. “Literasi Digital Bagi Keluarga Milenial Dalam Mendidik Anak Di Era Digital.” Continuous Education: Journal of Science and Research 2, no. 2 (2021): 1–13. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.223.

Macarau, Vivilia Vivone Vriska, and Kalis Stevanus. “Peran Orangtua Dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 3, no. 2 (2022): 153–67.

Mauclau, Ivo Arbie, and Kalis Stevanus. “Pentingnya Memahami Finalitas Kristus Sebagai Dasar Iman Yang Menyelamatkan Ditengah Isu Relativisme Agama.” LOGIA: Jurnal Teologi Pentakosta 3, no. 1 (2021): 37–54.

Misahapsari, Clara Raflesiane, and Kalis Stevanus. “Penanaman Karakter Toleran Di Dalam Keluarga Kristen Pada Anak Sejak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 2 (2023): 1479–89.

Naomi Sampe. “Komunikasi Interpersonal Keluarga Kristen Memasuki Era 4.0.” BIA Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual Vol 2, No., no. 1 (2019): 72–82.

Prawiromaruto, Imanuel Herman, and Kalis Stevanus. “Pendidikan Karakter Kristen Melalui Pengutamaan Formasi Rohani.” Dunamis: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 7, no. 2 (2022): 543–56.

Purba, Asmat, and Alon Mandimpu Nainggolan. “Pola Asuh Orang Tua Kristen Terhadap Anak Dalam Menghadapi Tantangan Kemajuan Zaman.” Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 2, no. 1 (2021): 1–18.

Putri, Auliya. “Penerapan Pola Asuh Parenting Style Dalam Membina Moral Remaja (Studi Kasus Panti Asuhan Tirtonugroho Tirtomoyo).” JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner 1, no. 1 Agustus (2022): 13–22.

Stevanus, Kalis. Mendidik Anak. Yogyakarta: Lumela, 2018.

———. “Tujuh Kebajikan Utama Untuk Membangun Karakter Kristiani Anak.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 1, no. 1 (2018): 79–95.

Stevanus, Kalis, and Vivilia Vivone Vriska Macarau. “PERAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA DI ERA 4.0.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 2 (September 11, 2021): 117–30. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.56.

Stevanus, Kalis, and Nathanail Sitepu. “Strategi Pendidikan Kristen Dalam Pembentukan Warga Gereja Yang Unggul Dan Berkarakter Berdasarkan Perspektif Kristiani.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 10, no. 1 (2020): 49–66.

Susilo, David Priyo, Kalis Stevanus, and Tantri Yulia. “Kinerja Pendidik Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Teologi Berita Hidup 5, no. 2 (2023): 407–24.

Tari, Ezra, and Talizaro Tafonao. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3: 21.” KURIOS (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 24–35.




DOI: https://doi.org/10.52104/harvester.v9i1.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

HARVESTER telah terindeks pada situs: