Dunia Pendidikan Pengajaran di Era New Normal

Desti Samarenna

Abstract


New normal is now a new model of life and has been adapted by all countries and has become a reference especially with regard to changes in people's behavior. The conditions in the new normal or new normal provide special challenges for education due to changes in teaching and educational methods. Readiness to enter the new normal is an important part because if you are not ready to follow the changes in the new normal era, it will certainly have an influence on whether the process of change is fast or slow. Community response is an important part so that the implementation of various fields in particular education can run well. This research uses qualitative methods with phenomenological analysis. The use of this method aims to collect scattered data and information so that it is more meaningful and easy to understand. The research process is carried out by describing the facts based on the data, the second is conducting a study of the topic. So, the world of education, especially tertiary institutions, in the new normal era, must open up in the readiness to carry out transformation in all aspects in order to keep up with changes and produce competitive graduates.

Abstrak

New normal kini menjadi model kehidupan baru dan didaptasi oleh semua negara dan menjadi referensi khususnya berkaitan dengan perubahan perilaku masyarakat. Kondisi dimasa new normal atau normal baru memberikan tantangan tersendiri bagi pendidikan karena perubahan metode pengajaran dan pendidikan. Kesiapan memasuki normal baru menjadi bagian yang penting karena jika tidak siap mengikuti perubahan era normal baru tentu akan memberikan pengaruh apakah proses perubahan tersebut berjalan cepat atau berjalan lambat. Respon masyarakat menjadi bagian yang penting sehingga pelaksaan berbagai bidang secara khusus pendidikan dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis fenomenologi.  Penggunaan metode ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi yang tersebar sehingga lebih bermakna dan mudah dipahami. Proses penelitian ini dilakukan dengan mendiskripsikan fakta berdasarkan data, kedua melakukan kajian terhadap topik tersebut. Jadi, dunia pendidikan khususnya Perguruan Tinggi dalam era normal baru harus membuka diri dalam kesiapan melakukan transformasi dalam segala aspek agar bisa mengikuti perubahan dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing.

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H. Abu, and Munawar Sholeh. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Rineke Cipta, 2005.

Ahmadi, H. Abu, and Widodo Supriyanto. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Rineke Cipta, 2004.

Angeloni, Elvio. Antropology 97/98. Sluice: Dushkin Publishing, 1997.

Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” Regula Fidei Jurnal Pendidikan Agama Kristen (2020).

Bandur, Agustinus. Penelitian Kualitatif: Studi Disiplin Keilmuan Dengan Nvivo 12 Plus. Bogor: Mitra Wacana Medika, n.d.

Berkhof, Louse, and Cornelius Van Til. Foundation Od Christian Education. Surabaya: Momentum Christian Literatur, 2010.

D.L. Miller. Emancipating the World: A Christian Respone to Radikal Islam and Fundamentalist Islam. Seattle: Ywam, 2013.

Edwin Charis. Karena Anda Berperan Membuat PAK Lebih Bermakna. Tasikmalaya: Jurnal Info media, 2006.

Eedlin, Richard J. Hakikat Pendidikan Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.

Finley Eversole. Christian Faith and the Contemporary Arts. New York: Abingdon Press, 1962.

G. Counts. Dare the School Build a New Sosial Order? New York: Routledge, 2009.

Hiebert, Paul G. Cultural Antropology. Michigan: Grand Rapids, 1990.

John M. Nainggolan. Menjadi Guru: Suatu Peningkatan Mutu Dan Kualitas Profesi Keguruan. Bandung: Generasi Info Media, 2007.

John Milton Gregory. Tujuh Hukum Mengajar. Malang: Gandum Mas, 2013.

Norman K. Denzin & Yvonna S. Lincoln, Handbook of Qualitativ. Hand Book of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Nuhamara, Daniel. Pembimbing PAK: Pendidikan Agama Kristen. Salatiga: Jurnal Info media, 2007.

Pujiastuti, Setyo. “Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Anak.”

Purba, Asmat. “Tanggung Jawab Orang Tua Kristen Dalam Mendidikan Anak Menyikapi Pandemi Covid-19.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani (2020).

“6-Kebijakan-Kemendikbud-Di-Tengah-Pandemi-Mulai-Dana-Bantuan-Hingga-Ppdb.Html?Page=6.”

“Arti-New-Normal-Indonesia-Tatanan-Baru-Beradaptasi-Dengan-Covid-19-FDB3.”

“Westernpacific/Emergencies/Covid-19/Information/Covid-19-New-Norma.”




DOI: https://doi.org/10.52104/harvester.v5i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

HARVESTER telah terindeks pada situs: