Penginjilan Sebagai Upaya Meneguhkan Keyakinan Keselamatan Anak

Kristian Badai, Kaleb Djeremod, Frets Keriapy

Abstract


This objective is to describe how the process of affirming a child's faith to be more firm in Jesus Christ, even though there are other beliefs around the child, even the child's intellect is attacked by the internet, research at school or the environment. The assurance of salvation in Jesus needs to be strengthened, especially in Christian children. Confirming the safety of children in Jesus is done through evangelism. This study uses qualitative research methods and the informants in this study were nine children. Interview method. The results of the study found that three children who believed were saved in Jesus with an understanding because they believed Jesus had saved, while the other six believed they were saved because they did spiritual activities. This can provide evidence that most children have not seen clear reasons why believing in Jesus and Jesus guarantees salvation for every believer because the tutors have not maximized evangelism to children, so that it has not had an impact on confirming the belief in child safety.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses meneguhkan iman anak agar semakin teguh dalam Yesus Kristus, walaupun sekeliling anak terdapat kepercayaan lain, bahkan diserangnya intelek anak oleh internet, pengajaran disekolah atau lingkungan. Keyakinan keselamatan pada Yesus perlu diteguhkan, khususnya pada anak-anak yang beragama Kristen. Meneguhkan keyakinan keselamatan anak pada Yesus dilakukan melalui penginjilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan informan dalam penelitian ini adalah sembilan anak. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa, tiga anak yang yakin diselamatkan dalam Yesus dengan pemahaman karena percaya Yesus telah menyelamatkan sedangkan enam lainnya yakin diselamatkan karena melakukan kegiatan kerohanian. Hal tersebut dapat memberi bukti bahwa sebagian besar anak-anak belum mengetahui alasan jelas mengenai kenapa harus percaya pada Yesus dan Yesus jaminan keselamatan bagi setiap orang percaya karena para tutor belum memaksimalkan penginjilan pada anak, sehingga belum memberi dampak untuk meneguhkan keyakinan keselamatan anak.



Full Text:

PDF

References


Adelaide F. Heath. Strategi Membimbing Anak Hidup Dalam Kristus. Bandung: Kalam Al-Hayat, 2013.

Fredy, Fredy. “Ajaran Tentang Keselamatan Dalam Kitab Injil Yohanes” (2018).

Halim, Makmur. Model-Model Penginjilan Yesus: Suatu Penerapan Masa Kini. Penerbit Gandum Mas, 2003.

Hura, Sudiria, and Marde Christian Stenly Mawikere. “KAJIAN BIBLIKA MENGENAI PENDIDIKAN ANAK DAN HAKIKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 1 (2020): 15–33.

Keriapy, Frets. “Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 82–93.

Peter S. Wong. Injil Yesus Kristus (Sebuah Pengantar Teologi Injili). Jakarta: Yayasan Kartidaya, 2011.

Pratiwi, Nani, and Nola Pritanova. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja.” Semantik 6, no. 1 (2017): 11–24.

Randa, Federans. “KARYA KESELAMATAN ALLAH DALAM YESUS KRISTUS SEBAGAI JAMINAN MANUSIA BEBAS DARI HUKUMAN KEKAL ALLAH.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 3, no. 1 (2020): 35–62.

Romini, Romini, and Ida Destariana Harefa. “MANFAAT PENGGUNAAN ALKITAB BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KEROHANIAN ANAK FUTURE CENTER USIA 7-9 TAHUN DI BULUH AWAR.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 1 (2020): 1–14.

Sam Doherty. Mengapa Menginjili Anak-Anak. Indonesia, 2002.

Santosa, Santosa, and Guntur Firman Aprianto. “Implementasi Penginjilan Dan Pemuridan Dalam Pengembangan Karakter Jujur Anak Usia 9-10 Tahun.” JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO 2, no. 2 (2020): 94–108.

Stephanus, Djuwansah Suhendro P. “Mengajarkan Penginjilan Sebagai Gaya Hidup Orang Percaya.” REDOMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2019): 12–22.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2016.

Timotius Sukarman. Gereja Yang Bertumbuh Dan Berkembang. Yogyakarta: Andi, 2012.

Y. Tomatala. Penginjilan Masa Kini Jilid 2. Malang: Gandum Mas, 2004.




DOI: https://doi.org/10.52104/harvester.v5i2.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

HARVESTER telah terindeks pada situs: