Pentingnya Peran Media Sosial dalam Pelaksanaan Misi di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
The Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) outbreak, or better known as the Corona virus, is spreading rapidly, bringing changes in socializing and communicating in the community. Government regulations require all citizens to participate in breaking the chain of transmission of the virus. This of course also has an impact on the concept and implementation of the mission that has been carried out, namely face to face. As one way the church must continue to take its role in witnessing or preaching the gospel of Jesus Christ to non-believers using social media as the right choice in carrying out missions during the Covid-19 pandemic. This article will describe the understanding of the Church or believers as recipients of God's mission mandate, and the use of social media as a means of carrying out missions during the Covid-19 pandemic, and how the effectiveness and constraints of carrying out missions through social media. The results of the research can be said that the mission can still be carried out in all conditions in the midst of society even though without having to meet face to face with the way the church empowers its people to actively use social media as a means of preaching the gospel.
Abstrak
Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau lebih dikenal dengan nama virus Corona yang menyebar dengan cepat membawa perubahan dalam bersosialisasi dan berkomunikasi di masyarakat. Aturan pemerintah mengharuskan semua warga berpartisipasi dalam memutus rantai penularan virus tersebut. Hal itu tentu juga berdampak pada konsep dan pelaksanaan misi yang selama ini dilakukan, yakni dengan tatap muka secara langsung. Sebagai salah satu caranya gereja harus tetap mengambil perannya untuk bersaksi atau memberitakan Injil Yesus Kristus kepada orang-orang yang belum percaya menggunakan media sosial sebagai pilihan yang tepat di dalamnya pelaksanaan misi di masa pandemi Covid-19. Artikel ini akan memaparkan pemahaman tentang Gereja atau orang percaya sebagai penerima mandat misi Allah, dan pemanfaatan media sosial sebagai salah satu sarana pelaksanaan misi di masa pandemi Covid-19, dan bagaimana efektivitas serta kendala pelaksanaan misi melalui media sosial. Hasil penelitian dapat dikatakan bahwa misi dapat tetap dilakukan dalam segala kondisi di tengah-tengah masyarakat meskipun tanpa harus tatap muka secara langsung dengan cara gereja memberdayakan umatnya untuk secara aktif menggunakan media sosial sebagai sarana pemberitaan Injil.
Full Text:
PDFReferences
Abrahamsz, Stefany John Risna, and Petronella Tuhumury. “Model Penginjilan Dalam Yohanes 4:4-42 Dan Implementasinya Pada Masa Kini.” Jurnal Jaffray 10, no. 2 (2012): 104–39. https://doi.org/10.25278/jj71.v10i2.55.
Anwar, Fahmi. “Perubahan Dan Permasalahan Media Sosial.” Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2017. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343.
Ardha, Berliani. “Social Media Sebagai Media Kampanye Partai Politik 2014 Di Indonesia.” Visi Komunikasi, 2014.
Arifianto, Yonatan Alex, and Asih sumiwi Rachmani. “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13.” Jurnal Diegesis 3, no. 1 (2020): 1–12.
Arifianto, Yonatan Alex, Reni Triposa, and Paulus Karaeng Lembongan. “Bible Study of Mission and Discipleship in the Great Commission and Its Implications for Today’s Christian Life.” Diegesis: Jurnal Teologi 5, no. 2 (2020): 25–42.
Baharudin, Iksan, Chairul, and Muhammad Abdi, Nur. “Ancaman Krisis Ekonomi Global Dari Dampak Penyebaran Virus Corona (Covid-19).” AkMen Jurnal Ilmiah, 2020.
Bosch, David J. Tranformasi Misi Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1998.
Cahyono, Anang Sugeng. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia.” Jurnal Publiciana, 2016, 140–57.
Damarwanti, Seri. “Pandangan Rasul Paulus Tentang Jembatan Pengantar Injil. Kajian Misiologi Terhadap I Korintus 9:1-23.” SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI, 2020. https://doi.org/10.46495/sdjt.v8i2.53.
Denney, Andrew S., and Richard Tewksbury. “How to Write a Literature Review.” Journal of Criminal Justice Education 24, no. 2 (2013): 218–34. https://doi.org/10.1080/10511253.2012.730617.
Dever Mark. Sembilan Tanda Gereja Yang Sehat. Surabaya: Momentum, 2010.
Diana, Ruat. “Peran Komunikator Kristen Dalam Strategi Pekabaran Injil Di Era Revolusi Industri 4.0.” Integritas: Jurnal Teologi, 2019.
Hannas, and Rinawaty. “Menerapkan Model Penginjilan Pada Masa Kini.” Kurios 5, no. 2 (2019): 175–89.
Hartono, Handreas. “Mengaktualisasikan Amanat Agung Matius 28:19-20 Dalam Konteks Era Digital.” Kurios 4, no. 2 (2018): 157-166.
Hayati, Laila. “Konsep Diri Anak-Anak Pengguna Aktif Media Sosial.” Society, 2018. https://doi.org/10.33019/society.v6i2.65.
Juliswara, Vibriza. “Mengembangkan Model Literasi Media Yang Berkebhinnekaan Dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) Di Media Sosial.” Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2017. https://doi.org/10.22146/jps.v4i2.28586.
Kalis Stevanus. “Karya Kristus Sebagai Dasar Penginjilan Di Dunia Non-Kristen.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika Vol.3, no. No.1 (n.d.): 1–19.
———. Lihatlah Sang Juruselamat Dunia. Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2018.
———. Panggilan Teragung: Pedoman Dan Metoda Praktis Untuk Memberitakan Kabar Baik Sampai Ke Ujung Bumi. Yogyakarta: Andi Offset, 2019.
Keriapy, Frets. “Pendidikan Kristiani Transformatif Berbasis Multikultural Dalam Konteks Indonesia.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 82–93.
Kirk, J. Andrew. Apa Itu Misiologi? Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Konaniah, Albert. “Sekolah Teologi Dan Gerakan Penginjilan.” Veritas : Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 2018. https://doi.org/10.36421/veritas.v3i2.94.
Laia, Kejar Hidup. “Pertumbuhan Gereja Dan Penginjilan Di Kepulauan Nias.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2019. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.46.
Lie, Heryanto David. “Penggenapan Progresif Misi Allah Dalam Kisah Para Rasul 1 : 8 Progressive Fulfillment of God ’ s Mission in Act 1 : 8.” Jurnal Jaffray 15, no. 1 (2017).
Mendukung, Dalam, and Pembelajaran Pendidikan. “Penggunaan Media Sosial Di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan.” Jurnal Wacana XIV, no. 1 (2015): 45–70.
Oci, Markus. “Implikasi Misiologi Dalam Pengembangan Kurikulum Agama Kristen Di Gereja Lokal.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2019. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.29.
Pasasa, Adrianus. “Pemanfaatan Media Internet Sebagai Media Pemberitaan Injil.” Jurnal Simpson 2, no. 1 (2015): 71–98.
Peters, George W. Teologi Pertumbuhan Gereja. Malang: Gandum Mas, 2013.
Putri, Wilga Secsio Ratsja, Nunung Nurwati, and Meilanny Budiarti S. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2016). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625.
Rafi Saumi Rustian. “Apa Itu Sosial Media.” 01 Maret 2012, 2012.
Semiawan, Conny R. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo, 2010.
Stevanus, Kalis. Benarkah Injil Untuk Semua Orang. Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2019.
———. “Mengimplementasikan Pelayanan Yesus Dalam Konteks Misi Masa Kini Menurut Injil Sinoptik.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2018. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.21.
Syafrida, Syafrida. “Bersama Melawan Virus Covid 19 Di Indonesia.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7, no. 6 (2020). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325.
Tabrani, Ahmad. “PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MENTORING TERHADAP MOTIVASI DALAM MELAYANI.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 1 (2020): 77–91. https://doi.org/https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.23.
Telaumbanua, Arozatulo. “E-Misi : Aplikasi Penginjilan Berbasis Teknologi.” In Prodising, 0:1–11, 2020.
Tomatala, Dr. Yakob. Penginjilan Masa Kini Jilid I. Malang: Gandum Mas, 2004.
Utami, Anastasiaa Siwi Fatma, and Nur Baiti. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Kalangan Remaja.” Cakrawala - Jurnal Humaniora, 2018.
Wijaya, Elkana Chrisna. “Deskripsi Hamba Yang Menderita Menurut Yesaya 52:13-53:12.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Kristiani, 2019. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v2i2.38.
Woga, Edmund. Dasar-Dasar Misiologi. Yogyakarta: penerbit Kanisius, 2002.
———. Misi, Misiologi, Dan Evangelisasi Di Indonesia. Yogyakarta: penerbit Kanisius, 2009.
DOI: https://doi.org/10.52104/harvester.v5i2.39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HARVESTER telah terindeks pada situs:
|