Implikasi Spiritualitas Yesus sebagai Dasar Integritas bagi Guru Pendidikan Agama Kristen
Abstract
The focus of this article is to highlight the integrity of Jesus and his relationship with His spirituality, especially in the Gospel of Luke. The author will conduct a narrative study of the texts in the Gospel of Luke and combine it with a literature study to get a complete picture of the integrity and spirituality of Jesus. The findings obtained were that Jesus' integrity stemmed from his spirituality, which was demonstrated by his intense prayer activities. Meanwhile, His integrity is demonstrated by His daily life consistent with what He taught. What He taught, that is what He lived. It is hoped that through the results of this research, Christian Religious Educators will not only gain new insights but also be committed to implementing their implications in carrying out their calling as educators.
Abstrak
Fokus tulisan ini adalah menyoroti integritas Yesus dan hubungannya dengan spiritualitas-Nya terutama di dalam Injil Lukas. Penulis akan melakukan kajian naratif terhadap teks-teks di dalam Injil Lukas dan menggabungkan dengan kajian pustaka untuk mendapatkan gambaran yang utuh tentang integritas dan spiritualitas Yesus. Temuan yang diperoleh bahwa integritas Yesus bersumber dari spiritualitas-Nya, yang ditunjukkan dengan aktivitas doanya yang intens. Sedangkan integritas-Nya ditunjukkan dengan kehidupan-Nya sehari-hari konsisten dengan apa Dia ajarkan. Apa yang diajarkan, itulah yang dihidupi-Nya. Guru Pendidikan Agama Kristen diharapkan melalui hasil penelitian ini bukan sekadar memeroleh wawasan baru tetapi komitmen menerapkan implikasinya dalam menjalankan panggilannya sebagai seorang pendidik.
Full Text:
PDFReferences
Chan, Simon. Spiritual Theology. Yogyakarta: Andi Offset, 2002.
Christopher, Dany. “Doa Yang Tidak Dijawab Menurut Injil Markus.” Jurnal Amanat Agung 16, no. 1 (2020): 1–27.
Emen, Pensensius, and Hendi Hendi. “Transfigurasi Yesus Sebagai Model Spiritualitas Orang Percaya.” Jurnal Teologi Berita Hidup 4, no. 1 (2021): 255–69.
Ginting, Cindy Claudia, and Grace Purnamasari Christian. “Signifikansi Peran Guru Kristen Sebagai Gembala Terhadap Motivasi Belajar Siswa [The Significance of the Role of Christian Teachers as Shepherds on Student Learning Motivation].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 5, no. 2 (2023): 98–105.
Gunawan, Tri, Kalis Stevanus, Fianus Tandiongan, and Tantri Yulia. “Integritas Pemimpin Dalam Pertumbuhan Kelompok Sel: Sebuah Studi Tentang Care Cell Di Gereja Beth-El Tabernakel Kristus Alfa Omega Semarang.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 4, no. 2 (2022): 153–66.
Haryono, Timotius, and Daniel Fajar Panuntun. “Andil Pemuridan Kontekstual Yesus Kepada Petrus Yakobus Dan Yohanes Terhadap Keterbukaan Konseling Mahasiswa Pada Masa Kini.” Jurnal Gamaliel : Teologi Praktika 1, no. 1 (February 26, 2019). https://doi.org/10.38052/gamaliel.v1i1.11.
Hasugian, Syalam Hendky, and Johanes Waldes Hasugian. “Spiritualitas Pendidik Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Regula Fidei 6, no. 1 (2021): 24–31. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/70.
Hudianto, Swandriyani, Kalis Stevanus, and Tan Lie-Lie. “Mengajar Secara Profesional Disertai Otoritas Ilahi Dengan Bercermin Pada Yesus Dan Implementasinya Bagi Guru Pak Masa Kini.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4, no. 2 (2023): 275–94.
Latumahina, Dina Elisabeth. “Kemesiasan Yesus Berdasarkan Lukas 4: 18-19 Sebagai Dasar Holistic Ministry Gereja.” Missio Ecclesiae 2, no. 2 (2013): 111–24.
Lawolo, Aprianus. “Memahami Konsep Dua Kodrat Yesus: Sebuah Tinjauan Teologis Menurut Injil Yohanes 1.” Didasko: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2022): 53–71.
Lepa, Royke, Tri Hartono, Hery Adijanto, Amiruddin Wasugai, Retnalisa Sinauru, Henny Mamahit, Eka Lago, Dekrius Kuntaua, and Jefrie Walean. Paradigma Spiritualitas Kristen Di Era 5.0. Penerbit Andi, 2022.
Londongna, Monika JD. “Kajian Hermeneutik Tentang Makna Kehendak-Mulah Yang Jadi Dalam Doa Yesus Di Taman Getsemani Menurut Lukas 22: 42 Dan Implikasinya Bagi Gereja Toraja Jemaat Gloria Buttutanga, Klasis Buakayu.” PhD Thesis, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, 2021. http://digilib-iakntoraja.ac.id/id/eprint/1118.
Mau, Marthen. “Pentingnya Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 145–61.
Mudak, Sherly. “Makna Doa Bagi Orang Percaya.” Missio Ecclesiae 6, no. 1 (2017): 97–111.
Nababan, Andrianus, and Warseto Freddy Sihombing. “Hubungan Integritas Guru PAK Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggungjawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Christian Humaniora 5, no. 1 (2021): 116–24.
Naibaho, Dorlan. “Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen (Pak) Dalam Kehidupan Sehari-Hari.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 4 (2023): 12017–25.
Parhusip, Bintang, and Kalaudius Willy R. Situmorang. “Yesus Di Getsemani Sebagai Ungkapan Cinta Agape (Refleksi Teologis Matius 26: 36-46.” Pastoralia 4, no. 1 (2023): 1–12.
Prawiromaruto, Ian Griffin, and Kalis Stevanus. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dosen Berbasis TPACK Terhadap Kinerja Dosen PAK.” Jurnal Teologi Berita Hidup 6, no. 1 (2023): 66–78.
Prawiromaruto, Imanuel Herman, and Kalis Stevanus. “Pendidikan Karakter Kristen Melalui Pengutamaan Formasi Rohani.” Dunamis: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 7, no. 2 (2022): 543–56.
Redjeki, Dwi Prawani Sri, and Jefri Heridiansyah. “Memahami Sebuah Konsep Integritas.” Jurnal STIE Semarang 5, no. 3 (2013): 1–14.
Sarjana, Sri, and Nur Khayati. “Pengaruh Etika, Perilaku, Dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 1, no. 3 (2016): 379–93.
Siby, Leonardus Rudolf. “Pembentukan Integritas Pelayan Tuhan Melalui Pendidikan Karakter Kristen.” HUPERETES: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 101–15.
Stevanus, Adiel, and Kalis Stevanus. “Pengaruh Integritas Pendidik Terhadap Pembentukan Karakter Siswa.” HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen 9, no. 1 (2024). https://e-journal.sttharvestsemarang.ac.id/index.php/harvester/article/view/173.
Stevanus, Kalis. “Bukti Keilahian Yesus Menurut Injil.” Jurnal Teruna Bhakti 2, no. 2 (2020): 82–96.
———. “Mengimplementasikan Pelayanan Yesus Dalam Konteks Misi Masa Kini Menurut Injil Sinoptik.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (December 29, 2018): 284–98. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.21.
———. “The Strategic Role of Theological School in Efforts to Formation of Excellent Indonesian Human Resources: Peran Strategis Sekolah Teologi Dalam Upaya Pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Unggul.” GRAFTA: Journal of Christian Religion Education and Biblical Studies 1, no. 2 (2022): 64–81.
Stevanus, Kalis, and Vivilia Vivone Vriska Macarau. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Remaja Di Era 4.0.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 2 (September 11, 2021): 117–30. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.56.
Sugeng Wibowo, Kezya. “‘ Getsemani’ Komposisi Musik Berdasarkan Kisah Yesus Saat Berdoa Di Taman Getsemani.” PhD Thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, 2023. http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/16010.
Sukarna, Sukarna. “Integritas Seorang Pendidik.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2018). https://www.sttbaptisjkt.ac.id/e-journal/index.php/graciadeo/article/view/18.
Tanudjaja, Rahmiati. “Anugerah Demi Anugerah Dalam Spiritualitas Kristen Yang Sejati,” 2002. https://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/63.
Usmany, Janeman Rudolf, and Vicky Samuel Sutiono. “Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 7, no. 1 (2022): 89–105.
Utomo, Bimo Setyo. “Prinsip Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Menurut 1 Timotius 4: 16.” Skenoo: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2023): 54–67.
DOI: https://doi.org/10.52104/harvester.v10i1.247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
HARVESTER telah terindeks pada situs:
![]() ![]() | ![]() ![]() | ![]() | ![]() |
|

