Pengaruh Integritas Pendidik terhadap Pembentukan Karakter Siswa

Adiel Stevanus, Kalis Stevanus

Abstract


This study aims to analyze the influence of educators' integrity on students' character at GRETA Christian Elementary School in Banyuwangi. Educators' integrity is considered a crucial factor in shaping students' character because educators serve as strong role models in the educational environment. The research method used is quantitative to collect and analyze data from a number of respondents consisting of educators and students. It is concluded that the Sig. Value = 0.000 ˂ 0.05 indicates an influence of variable X on variable Y or F Table 92.391 is greater than 3.316 F count, hence there is a significant influence between educators' integrity on students' character at GRETA Christian Elementary School in Banyuwangi Regency.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh integritas pendidik terhadap karakter siswa di SD Kristen GRETA di Banyuwangi. Integritas pendidik dianggap sebagai faktor penting dalam membentuk karakter siswa karena pendidik merupakan model peran yang kuat dalam lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari sejumlah responden yang terdiri dari pendidik dan siswa. Diperoleh simpulan Nilai Sig. = ,000 ˂ 0,05 yang terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y atau F Tabel 92,391 lebih besar dari 3,316 F hitung, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara integritas pendidik terhadap karakter siswa di SD Kristen GRETA di Kabupaten Banyuwangi.


Full Text:

PDF

References


Anwar, Khaerul, Nia Kurniawat, and Fitriah Yuliasari. “Pengembangan Dan Implementasi Program Manajemen Pendidikan Budaya Transformatif Untuk Sekolah Dasar.” Al-DYAS 2, no. 2 (2023): 403–23.

Derek J. Tidball. Teologi Penggembalaan. Edited by Mas Gandum. 2021st ed. Gandum Mas_www.GandumMas.com, 2021.

Gunawan, Tri, Kalis Stevanus, Fianus Tandiongan, and Tantri Yulia. “Integritas Pemimpin dalam Pertumbuhan Kelompok Sel: Sebuah Studi tentang Care Cell di Gereja Beth-El Tabernakel Kristus Alfa Omega Semarang.” THRONOS: Jurnal Teologi Kristen 4, no. 2 (2022): 153–66. https://doi.org/10.55884/thron.v4i2.76.

Hudianto, Swandriyani, Kalis Stevanus, and Tan Lie-Lie. “Mengajar Secara Profesional Disertai Otoritas Ilahi Dengan Bercermin Pada Yesus Dan Implementasinya Bagi Guru PAK Masa KinI.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4, no. 2 (2023): 275–94.

Idkhan, A. Muhammad, and Muhammad Maruf Idris. “Dimensions of Students Learning Styles at the University with the Kolb Learning Model.” International Journal of Environment, Engineering and Education 3, no. 2 (2021): 75–82.

Izzatunnisa, Lita, I. Made Putrawan, and Daniar Setyo Rini. “Pengaruh Kepemimpinan Guru (Teachers Leadership) Dan Integritas (Integrity) Terhadap Students Performance.” IJEEM-Indonesian Journal of Environmental Education and Management 8, no. 2 (2023): 21–33.

Macarau, Vivilia Vivone Vriska, and Kalis Stevanus. “Peran Orangtua Dalam Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 3, no. 2 (2022): 153–67.

Manullang, Belferik. “Membangun Lptk Kristen Dan Menyiapkan Guru Berkualitas, Berintegritas Dan Transformatoris.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2016): 63–78.

Misahapsari, Clara Raflesiane, and Kalis Stevanus. “Penanaman Karakter Toleran Di Dalam Keluarga Kristen Pada Anak Sejak Usia Dini.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 2 (2023): 1479–89.

Pranatawijaya, Viktor Handrianus, Widiatry Widiatry, Ressa Priskila, and Putu Bagus Adidyana Anugrah Putra. “Penerapan Skala Likert Dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online.” Jurnal Sains Dan Informatika 5, no. 2 (2019). https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185.

Salmaa. “Responden Penelitian : Karakteristik Dan Syarat-Syaratnya.” Penerbit Deep Publish, 2021.

Stevanus, Kalis. “The Strategic Role of Theological School in Efforts to Formation of Excellent Indonesian Human Resources: Peran Strategis Sekolah Teologi Dalam Upaya Pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Unggul.” GRAFTA: Journal of Christian Religion Education and Biblical Studies 1, no. 2 (2022): 64–81.

Sugiyono. “Pengertian Populasi & Sampel Menurut Sugiyono.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 3, no. April (2017).

———. “Sugiyono, Metode Penelitian.” Uji Validitas, 2016.

Sukarna, Sukarna. 2018. “Integritas Seorang Pendidik.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1. https://doi.org/10.46929/graciadeo.v1i1.18.

Susilo, David Priyo, Kalis Stevanus, and Tantri Yulia. “Kinerja Pendidik Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Teologi Berita Hidup 5, no. 2 (2023): 407–24.




DOI: https://doi.org/10.52104/harvester.v9i1.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

HARVESTER telah terindeks pada situs: