Teori Pendidikan Humanistik, Implikasinya dalam Humanistik Persaudaraan

Andarweni Astuti, Ferani Mulianingsih, Muh Soleh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang teori Pendidikan humanistik, dan untuk menawarkan model pembelajaran untuk menuju humanistik persaudaraan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif, dengan pengumpulan datanya memakai pendekatan literature study, atau kajian Pustaka. Pengumpulan data melalui literature study adalah teknik pengumpulan data dengan cara menalaah literatur, buku, beberapa catatan, beberapa laporan yang dijadikan sebagai sumber oleh penulis untuk mendapatkan data tentang penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian literatur study ini adalah bahawa humanistik persaudaraan memberikan wawasan baru bahwa Pendidikan agama Katolik tidak cukup hanya menyediakan pelayanan dalam bidang Pendidikan, tetapi Pendidikan tersebut harus mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan personal, sosial dan moral. Pendidik dan peserta didik didesak untuk hidup, belajar dan melakukan segala tindakan untuk alasan humanistik persaudaraan. Humanistik persaudaraan tersebut dilaksanakan dalam keempat usaha berikut ini: Budaya dialog, menyebarkan pengharapan, Inklusi yang benar, membangun jaringan kerja sama


Full Text:

PDF

References


Arbayah, A. (2013). Model Pembelajaran Humanistik. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.26

Citroresmi, N., & Susanti, E. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar teori Honey Mumford. , , . JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/jumlahku.v7i2.1442

Dana, M. A. (2020). At-Tarbiyah Sebagai Konsep Pendidikan dalam Islam. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 6(1), 88–104. https://doi.org/10.55148

Eko Nasrulloh, M. (2019). Permainan Ice Break Sebagai Motivasi Dalam Pembelajaran Yang Humanis.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara.

Hamzah. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Perkembangan. Bumi AKsara.

Harahap, D. (2020). Teori Carl Rogers dalam Membentuk Pribadi dan Sosial yang Sehat. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 321–334.

Katolik, K. untuk P. (2017). Mendidik untuk Humanisme Persaudaraan (S. R.P. Andreas Suparman (ed.)). Dokpen KWI.

Kongregasi untuk Pendidikan, K. (2015). Pidato kepada para hadirin pada Kongres Global “Mendidik di masa kini dan masa depan. Semangat yang diperbaharui.”

Nihayah, U., Mahardika, D., & Muhibbuddin, H. (2021). Implementasi Konsep Teori Humanistik dalam Kesehatan Mental pada Masa Pandem. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 5(2), 64–78. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ghaidan.v5i2.10333

Prof. Dr. Maman Rachman, M. S., Dr. Cahyo Budi Utomo, M. P., Dr. Novia Wahyu Wardhani, M. P., & Tutik Wijayanti, S. P. M. P. (2020). Kapita Selekta Teori Pisau Analisis Hasil Penelitian (1st ed.). LPPM Unnes Semarang.

Rogers, C., Lyon, H., & Tausch, R. (2013). On becoming an effective teacher: Person-centered teaching, psychology, philosophy, and dialogues with Carl R. Rogers and Harold Lyon. Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203725672

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Suarmini, N. W., Rai, N. G. M., & Marsudi, M. (2016). No Title . . Karakter Anak Dalam Keluarga Sebagai Ketahanan Sosial Budaya Bangsa. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 9(1), 78-95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12962/j24433527.v9i1.1280

Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 220–234. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.118

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108




DOI: https://doi.org/10.52104/harvester.v7i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

HARVESTER telah terindeks pada situs: